PENGANTAR METODE GEOLISTRIK


Metode Tahanan Jenis
            Metoda tahanan jenis adalah salah satu dari kelompok metoda geolistrik yang digunakan untuk mempelajari keadaan bawah permukaan dengan cara mempelajari sifat aliran listrik di dalam batuan di bawah permukaan bumi. Yang dipelajari di sini mencakup besaran medan potensial, medan elektromagnetik yang diakibatkan oleh aliran arus listrik secara alamiah (pasif) maupun secara buatan (aktif).
            Cara yang sama digunakan untuk penurunan pada elektrodapotensial P2, dan didapat beda potensial antara P1 dan P2.
Gambar 1. Konfigurasi elektroda arus dan potensial

Dalam penjelasan di atas dijelaskan penggunaan arus listrik berfrekuensi rendah dialirkan ke dalam tanah dan disttribusi potensialnya diukur dengan elektroda potensial.
Metoda Tahanan Jenis Head On
Metoda Head on Resistivity cukkup berhaasil diterapkan di Cina untuk  mengidentifikasi sesar yang diasumsikan sebagai zona tipis konduktif atau mempunyai kontras tahanan jenis pada suatu daerah prospek geotermal enthalpy rendah.
Survai tahanan Head On pada dasarnya merupakan pengembangan dari survai tahanan jenis Schlumberger mapping dengan menambahkan satu elektroda arus C pada posisi jauh (tak terhingga) di luar lintassan resistivity berarah tegak lurus terhadap lintasan.
Gambar 2. Sistem pengukuran Resistivity head on

Bila pendataan dilakukan pada bentangan AB/2 maka perpotongan kurva Tahanan jenis Head On akan menunjukkan titik kedudukan sesar. Kolerasi dengan penampang tahanan jenis semu yang disesuaikan dengan kedalaman ekivalen AB/4 akan didapat tempat kedudukan sesar dengan lebih baik.

Metoda Potensial Diri (SP)
            Pengukuran SP dilakukan pada lintasan tertentu dengan tujuan untuk mengukur beda potensial antara dua titik yang berbeda sbagai V1 dan V2. Cara untuk melakukan pengukurannya ialah dengan menggunakan dua buah elektrod yang biasanya menggunakan ‘phorouspot’ untuk memperoleh kontak yang baik antara elektroda dan lapisan tanah.
            Tahanan ‘phorouspot’ selalu diusahakan sekecil mungkin, nilai potensial baru dilakukan setelah benar-benar stabil.
Gambar 3. Sistem pengukuran Sp

           
Perhitungan data SP langsung dilakukan dengan melakukan koreksi penutup yang didapat dari pengukuran metoda kabel panjang. Beda harga antara kumulatif pembacaan (misalnya tiap a) dan pembacaan bentangan (5a) merupakan total koreksi penutup, harga koreksi untuk tiap pembacaan a didapat dengan membagi rata total koreksi. Kemudian dihitung kumulatif harga pembacaan tiap a yang telah dikoreksi dengan koreksi penutup tersebut dari permulaan pengukuran sampai dengan akhir pengukuran untuk setiap lintasan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGANTAR METODA GRAVITASI

GRAVITASI BUMI

METODE SEISMIk