Tomohon, kota (potensi) geowisata


beragam keindahan Indonesia menjadikan setiap daerah memiliki daya tarik tersendiri. salah satunya yaitu daerah Tomohon yang memiliki potensi Geowisata serta dapat memberikan pengalaman baru bagi wisatawan. Bulan Agustus 2019, saya berkesempatan mengunjungi beberapa destinasi yang ada di Tomohon ini. beberapa destinasi yang saya kunjungi yaitu Bukit Doa Mahawu, Kai'santi Taman Bunga Woloan, dan Danau Linow.

Ketika melakukan perjalan menuju ke daerah ini, kita akan di sambut dengan suhu yang begitu sejuk, hal ini dikarenakan daerah Tomohon berada pada ketinggian 900-1100 mdpl (Wikipedia). Tak hanya itu, pemandangan yang sangat hijau dan lahan pertanian yang begitu subur sungguh membuat mata tak mau berkedip. Bagaimana tidak, Abu vulkanik  lah (Gunungapi) yang membuat tanaman hidup dengan suburnya.




1. Bukit Doa Mahawu
Setelah menghabiskan waktu perjalanan kurang lebih 45 menit (23,7 Km) dari Kota Manado, Bukit Doa menjadi destinasi pertama yang di kunjungi. menariknya destinasi ini, selain merupakan wisata alam juga merupakan wisata religi khususnya umat Nasrani.

Destinasi ini persis berada di bawah kaki gunungapi Mahawu yang saat ini masih aktif. untuk akses ke destinasi ini sebenarnya bisa menggunakan transportasi, hanya saja saya memilih untuk berjalan kaki (dengan alasan ingin menikmati keindahaan alam Tomohon).

Jangan lupa untuk membeli tiket masuk dengan membayar Rp.25.000-, (Included coffe/tea).

Setelah berjalan dari pos tiket sekitar 5 menit, kita akan langsung disuguhi pemandangan pemukiman yang berada diantara Gunungapi Lokon dan Bukit Doa. Selain itu, hamparan rerumputan yang sangat hijau dan bongkah batuan hasil gunungapi memberikan keindahan dan keunikan tersendiri untuk situs ini.

Selang beberapa menit, sampailah ke kedai kopi yang berada di sini. sungguh luar biasa ciptaan Tuhan yang tiada tandingannya, sangat jarang untuk menikmati kopi dengan suasana suhu sejuk dan pemandangan pemukiman yang sangat tenang dan berada di bawah gunungapi yang bisa saja sewaktu waktu dapat menghempaskan lahar panas.

Tak hanya kopi, disini juga wisatawan dapat memesan cemilan dan makanan berat. 

2. Kai'santi Taman Bunga Woloan
Tak puas dengan Bukit Doa, saya memilih untuk mampir di Kai'Santi Taman Bunga Woloan dengan menggunakan jasa transportasi yang di dapatkan dari Aplikasi Online. oh iya! Tomohon merupakan kota Bunga, bahkan daerah ini memiliki event pariwisata dengan sebutan festival bunga Tomohon yang pesertanya diikuti dari daerah lain bahkan negara lain.

Tak kalah menarik, kai'Santi akan memanjakan mata dengan bentangalam pesawahan dan tentunya gunungapi Lokon.

beranjak dari sini kita kemana lagi?

3. Danau Linow
Siapa yang tak kenal dengan Danau Linow? danau yang konon katanya memberikan 3 warna sekalian. Danau yang terletak di arah barat kota Tomohon ini, memberikan kesejukan dan bau khas belerang yang keluar dari rongga rongga lubang  beserta asap panas dari perut bumi. beberapa sumber mengatakan bahwa danau ini merupakan danau yang terbentuk oleh sisa erupsi gunungapi Mahawu pada ratusan tahun yang lalu.


#SalamGeowisata

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGANTAR METODA GRAVITASI

GRAVITASI BUMI

METODE SEISMIk