TEKNIK GEOLOGI UNG


foto Eruption party pada saat wisuda mahasiswa Teknik Geologi UNG 
Program studi Teknik Geologi merupakan salah satu program studi baru yang ada di jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo yang penyelenggaraannya atas izin Direktoral Jenderal Pendidikan Tinggi No 12/E/O/2013 tertanggal 15 januari 2013 dengan status akreditasi B oleh BAN-PT tahun 2015 berlaku hingga 29 desember 2020 (1262/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2015).



Kebutuhan pasar kerja lulusan Prodi Teknik Geologi seiring dengan semakin pesatnya kebutuhan pembangunan, sarana dan prasarana, degradasi lingkungan, bencana alam Geologi serta letak Indonesia yang terletak dijalur cincin api pasifik yang masih membutuhkan kajian luas, kebutuhan mineral untuk industri, kebutuhan bahan bakar fosil dan energy alternatif, memberikan peluang tersendiri bagi lulusan prodi teknik geologi.

Lulusan prodi Teknik Geologi memiliki tempat dan peran dalam berbagai bidang seperti bidang pertambangan dan eksplorasi mineral, bidang energi dan energi terbarukan, mitigasi bencana geologi seperti gempa bumi, gerakan tanah, tsunami dan gunung api, bidang lingkungan dan konservasi, perusahaan swasta nasional dan asing, pemerintahan serta wirausaha baik di bidang pertambangan, konsultasi, bidang lain yang sejenis maupun tak sejenis.
foto alumni mahasiswa Teknik Geologi UNG yang telah bekerja dalam dunia pertambangan

foto program pertukaran pelajar mahasiswa teknik geologi UNG indonesia-Jepang
Saat ini Prodi Teknik Geologi Universitas Negeri Gorontalo bekerjasama dengan tiga perguruan tinggi 1 berasal dari dalam Negeri (Institut Teknologi Bandung – Indonesia)  dan 2 berasal dari luar Negeri (Ehime University dan Kyushu University – Jepang).
Dalam kegiatan perkuliahan, mahasiswa teknik geologi mempelajari tentang batuan, geomorfologi, struktur, fosil, sejarah pembentukan bumi, dan masih banyak lagi. Tak hanya itu, mahasiswa Teknik Geologi bisa saja terlibat dalam organisasi serta kegiatan kemahasiswaan.



Organisasi-organisasi yang ada di Prodi Teknik Geologi diantaranya yaitu; Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi (HMTG) – UNG, Seksi Mahasiswa – Ikatan Ahli Geologi Indonesia (SM-IAGI) – UNG, SC-MGEI ( Masyarakat Geologi Ekonomi Indonesia) – UNG, Student Progresive Group, dan John Ario Katili Study Club. 
foto pengibaran bendera merah putih dalam rangka perayaan hari kemerdekaan indonesia (kiri), dan mengikuti seminar nasional dari SKK- Hulu Migas goes to campus (kanan).
Sedangkan kegiatan Kemahasiswaan yang berada di lingkungan Prodi Teknik Geologi yaitu ; convergent day, English club, Friday Mubarak, fermat effect, the matuduwolo, sketch on the road, dan open practice.
Fasilitas unggulan yang disediakan oleh prodi Teknik Geologi – UNG ; perpustakaan John Ario Katili, Laboratorium Geologi, laboratorium Lapangan/alam.

foto mahasiswa teknik geologi pada saat kuliah lapangan

Tak hanya itu, peluang beasiswa di ruang lingkup Prodi Teknik Geologi sangat besar, diantaranya yaitu; BidikMisi, PPA(Peningkatan Prestasi Akademik), BBP-PA (Bantuan Biaya Pendidikan -    Peningkatan Prestasi Akademik), beasiswa Djarum, Bank Indonesia, PT. Harim, Supersemar, dan masih banyak Lagi.    


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGANTAR METODA GRAVITASI

GRAVITASI BUMI

METODE SEISMIk